h1

About Al-Ittihad

Pesantren AL ITTIHAD Rawabango, Cianjur, Jawa Barat

Bila anda sempat mengunjungi kota Cianjur, Jawa Barat sempatkanlah sejenak untuk mampir ke Pondok Pesantren Al-Ittihad. Pesantren yang awal berdirinya bermodalkan tanah seluas 11.000 meter2 itu diberi nama Al-Ittihad karena para pendirinya berkeinginan untuk menjadikannya sebagai wujud kebersamaan, persaudaraan dan persatuan keluarga. Keluarga menyetujui bahwa tanah miliknya di sekeliling pesantren sebagai warisan orangtua diwakafkan untuk pengembangan dan pembangunan pesantren.

Keberadaan pesantren ini bermula ketika tahun 1997 yang merupakan tahun pencerahan batin Bapak H. Ecep Badruddin, BA (saudagar di Jakarta) yang telah sukses dalam menjalani kehidupan yang penuh tantangan. Beliau terinspirasi dengan kesuksesannya mengelola sebuah lembaga bernama Yayasan Budi Mulya di Jakarta. Yayasan tersebut bergerak dibidang pendidikan formal dan informal (RA, TKA, TPA, MD). Beliau berfikir jauh tentang tanah wakaf mertuanya H.Mahpud yang berlokasi di Rawabango Karangtengah Cianjur, Jawa Barat dan berinisiatif untuk membangun sebuah lembaga pendidikan Islam.

Setelah lama merenung, Pak Haji Acep Badruddin yang beristrikan Hj. Mimin Rukoyah itu, kemudian memutuskan (ber’azam) untuk mendirikan pondok pesantren. Salah satu pertimbangannya adalah karena beliau memiliki anggota keluarga (menantu) yang mahir di bidang pendidikan pesantren, bernama K.H Kamali Abd.Ghani yang menikah dengan putrinya Dra. Hj. Ety Muflihah. Gayung bersambut, sang menantu menerima tawaran tersebut. Bermodalkan keikhlasan, keteguhan dan pasrah (tawakal) itulah, H.Kamali Abd.Ghani beserta isteri dan kedua anaknya (saat itu Anissa Amalia dan Hasbi Rozaq) berangkat ke Cianjur, tepatnya ke lokasi tanah dimana akan dibangun pesantren.

Dinamika Perkembangan Sejarah Pesantren

Pada bulan Juli 1997, kegiatan belajar mengajar di Pesantren Al Ittihad dilaksanakan. Dengan bemodalkan 4 lokal kelas, 6 santri yang terdiri dari 4 perempuan dan 2 lelaki. Kegiatan pesantren dimulai dengan segala kesederhanaan dan kesahajaan. Semua ini terwujud berkat dorongan dari beberapa orang tua siswa yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di pesantren diiringi semangat ingin mewujudkan impian (membina pesantren).

Pesantren Al-Ittihad didirikan dengan membawa misi mengembangkan ilmu pengetahuan keagamaan (Diniyah) yang berorientasi kepada penguasaan kitab salaf (kuning) sebagai ciri pokok pesantren, bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dengan misi seperti itulah kemudian pesantren ini mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Perkembangan pesantren Al-Ittihad lebih nampak lagi setelah hadirnya Drs. Aguslani Mushlih ZA (seorang aktivis di berbagai organisasi : PMII, BKPRMI, KNPI, MUI, ICMI, DMI, NU) yang diamanahi menjadi Kepala SMP.

Lambat laun pesantren ini semakin berkembang dan mengadopsi sistem dan kurikulum pendidikan formal. Periode 1999-2000 dapat dikatakan sebagai masa kemajuan pertama pesantren. Nama SLTP Al-Ittihad mulai terdengar oleh masyarakat Kabupaten Cianjur, dan ini juga masa pertama kali SLTP Al-Ittihad mengikuti Ujian Nasional. Para siswanya dinyatakan LULUS 100%. Untuk melanjutkan pendidikan pesantren agar berkesinambungan, maka pada periode ini pesantren mendirikan SMU. Sebagai figur kepemimpinan untuk mengelola SMU tersebut, ditunjuk Dra.Hj.Ety Muflihah sebagai Kepala yang pertama. Pada masa ini para santri mulai bertambah dari berbagi daerah yang jumlahnya mencapai 300 an orang.

Pemahaman Islam yang inklusif dan progresif yang diajarkan oleh pesantren ini kepada para santrinya, terkadang juga menuai pro dan kontra. Awalnya masih ada sebagian anggota masyarakat yang bertanya-tanya mengenai faham yang dianut oleh pesantren Al-Ittihad. Namun setelah pimpinan pesantren (KH.Kamali Abd.Ghani) terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur periode belajar mengajar tahun 2000-2001 maka menjadi semakin kuatlah keyakinan masyarakat untuk mengirim putra-putrinya menimba ilmu pesantren ini. Pada periode ini jumlah santri mencapai 600 an orang. Periode ini dapat disebut sebagai masa kemajuan kedua.

Pesantren Al Ittihad juga dikenal dengan jaringan kerjasamanya yang luas. Oleh karenanya pesantren mulai banyak menerima bantuan antara lain yang diperuntukkan bagi pembangunan sekolah melalui Departemen Pendidikan Nasional, melalui program imbal-swadaya. Pesantren Al Ittihad juga pernah menerima dana hibah dari Belanda, bahkan Kepala SLTP/SMP Al-Ittihad pada tahun 2002- 2003 (Aguslani Mushlih ZA) menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Cianjur terdahulu (Ir.H.Wasidi Swastomo,M.Si) sebagai Kepala SMP terbaik dalam mengelola dana Hibah Belanda Tahun 2003.

Ibarat pepatah, patah tumbuh hilang berganti. Para pimpinan di lingkungan pesantren baik kepala sekolah, guru, maupun para santri berlomba-lomba mencetak prestasi bagi kepentingan pengembangan pesantren. Kini kepemimpinan SLTP telah beralih dari tangan Ust. Aguslani Mushlih ZA kepada Ust.Hendri Irawan S.Pdi. Menurut Ustadz Hendri, ada sebuah prinsip yang harus dicamkan. “Jangan puas dengan apa yang sudah didapatkan, pertahankan sesuatu yang sudah ada dan berusahalah menyempurnakan segala kekurangan yang ada “ Motivasi ini diharapkan dapat mempersatukan guru dan menjadi satu strategi untuk membangun sebuah teamwork yang baik.

Kegiatan Santri dan Kiprah Pesantren

Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan dimana aktivitas sehari-hari para santrinya diatur dalam sebuah jadwal yang ketat dalam kerangka sebuah proses pembelajaran. Pengaturan agenda kegiatan santri ini juga dimaksudkan agar mereka belajar disiplin dan menghargai waktu. Dalam mahfuzhat yang diajarkan, terdapat sebuah ungkapan “al waqtu atsmanu minadz-dzahabi”. Waktu itu lebih berharga daripada emas.

Secara tidak langsung, kiprah pesantren itu sangat terasa bagi pemberdayaan masyarakat, baik masyarakat internal di lingkungan pesantren maupun masyarakat eksternal (orang tua dan wali santri). Setiap tahun, pimpinan pesantren AlIttihad membagikan infaq/shadaqah/ zakat kepada masyarakat lingkungan pesantren yang termasuk kelompok fuqara, masakin dan mustadh’afin. Sedangkan pemberdayaan bagi masyarakat eksternal lebih terfokus kepada para orang tua dan wali santri melalui kegiatan forum silaturahmi setiap liburan pesantren. Secara rutin dilakukan silaturahmi tahunan menjelang tahun pelajaran baru, dimana melalui forum itulah pimpinan pesantren menyapa seluruh orang tua dan wali santri serta memberikan taushiyah-nya sebagai upaya pencerahan maupun pendalaman wawasan keagamaan.

Peran Serta Perempuan dalam Pengembangan Pesantren

Perempuan memiliki peran yang sangat signifikan dalam perkembangan kehidupan pesantren. Keterlibatannya sangat diandalkan. Keberadaan pengasuh pesantren seperti Ibu Nyai Hj. Ety Muflihah, misalnya telah memberi inspirasi agar para orang tua berkenan menyekolahkan anak perempuannya di pesantren. Selain menjalani aktivitasnya sebagai seorang ibu bagi putera-puterinya, Bu Ety juga memiliki peran penting dalam kegiatan dunia akademis (sebagai pengajar, pelatih, pembina) dalam berbagai kegiatan pesantren.

Selain Ibu Ety ada 20 pengajar perempuan lain yang ikut andil dalam upaya pemberdayaan kaum perempuan di pesantren. Misalnya Ade Yuyu Haeni, ia adalah seorang pengajar sekaligus pembina anak-anak perempuan di Al-ittihad.

Keberadaan pesantren Al-Ittihad juga sangat didukung oleh aktivitas para santriwatinya. Mereka memiliki peran penting di pesantren ini. Sebagai contoh dengan dibentuknya group qasidah putri, teater putri, nasyid putri, group shalawat putri, qari’ah/IPQAH, group marhaba/diba-an putri. Selain itu para santriwati juga belajar berorganisasi melalui Organisasi Ikatan Pelajar Putri Pondok Pesantren Al-Ittihad. Semua aktivitas yang dilakukan perempuan tersebut sangat membantu perkembangan pesantren.

Peran perempuan dalam pengembangan pesantren juga harus bersinergi dengan kesadaran kaum lelaki. Oleh karena itu, hadirnya Ustadz Abul Aswad Adduali, S.Pd yang banyak berkecimpung di berbagai worskshop dan pelatihan mengenai isu kesetaraan gender bekerjasama dengan Rahima membantu upaya penguatan hak-hak perempuan di lingkup pendidikan pesantren. Hal ini dimaksudkan untuk dapat mengangkat martabat dan derajat perempuan dalam berbagi bidang dan posisi.
Semenjak tahun 2004, Pak Aswad dan beberapa ustadz dan ustadzah di lingkungan pondok berjuang untuk membangun kesetaraan relasi lelaki dan perempuan di lingkungan pesantren ini. Upaya ini bermula dari forum belajar bersama komunitas Rahima dalam beberapa kali training dan workshop seperti Pendidikan Pemilih berperspektif Gender untuk Guru dan Pengasuh Pesantren, Penguatan Hak-hak Perempuan bagi Komunitas Pesantren dan lain-lainnya, baik yang diadakan di Pesantren Al-Ittihad sendiri maupun di kawasan lainnya. Hasilnya ? Kini sudah banyak dirasakan oleh kaum perempuan di lingkungan pesantren. Mereka tak lagi merasa minder untuk berkiprah di tengah kaum lelaki. Mereka juga dapat menggunakan sebuah media bernama BP/BK (Bimbingan Penyuluhan dan Bimbingan Konseling) di mana perempuan dapat berdiskusi bersama ustadz Abul Aswad Adduali.S.Pdi berkaitan dengan persoalan-persoalan mereka. Maju terus Al-Ittihad.(Al-Ittihad)

40 comments

  1. ada saran neeh giamana klo tampilan webnya di buat semenarik mungkin klo perlu pakai adobes playernya biar tambah oke


  2. ah boong ya ku alumus 2000, jaman itu g ada kok,yang ada pacaran ama main musik….qqqqqqq


  3. asslamualaikum. saya mahasiswi UIN Bandung, sangat mengagumi akan keberhasilan al-ittihad. oleh karena itu saya mempunyai rencana untuk meneliti pondok pesantren Al-Ittihad. oleh karenannya saya memohon bantuannya, jikalau kelak saya bermaksud mengadakan penelitioan disana. selain itu informasi lewat email sebagai datajuga sangat saya nantikan., termiaksih


  4. alhamdulillah selama my hdup d.ALtie my ngarasain ada perubahan dlm segi brfkir….
    dan my menyadari pendidikan agama itu prnting bagi kita,khususnya bagi para remaja, karena dalam masa pembentukan sikap….

    semoga terus maju Pondokku
    tidak lupa juga terima kasih kepada para asatid/asatidzah yang telah membingbing selama my menuntut ilmu di AL_Tie


  5. Jadi inget ma Ustad Basyir niiiiiih !!!


  6. assalamualaikum wr.wb
    ana ingin pondok pesantren al-ittihad dapat dikenal diseluruh pelosok kota yang ada indonesia dan memiliki santri yang khusnul khotimah

    wassalam.wr.wb


  7. mikum….. nee ite, doain ya asatid biar nak kelas 6 smk pada lulus semua,, biarpun katanya kita pada bandel, tapi sebenernya kita baik hati dan tidak sombong


  8. asSLm…aLtie? how are u?
    nie nuN n Zee ikutan nangkRing neeH..
    bwT aLtie, spirit anD go0d Luck sLaLu.. yuPz..
    n Don’T forGet nu2n N zEe froM BanDunG,keYz!!! :D


  9. Assalamualaikum. . .
    h! altie,smmwa yg skrng bersamamu, dan smwa yg pernah bersamamu, ku doakan smga always in the best 4 evry thng, ane cma mo blng BE SPIRIT . . . !
    bwt nak2 altie,ustad dan ustadzah n of course Bpk Kyai mg s3hat slalu, special spirit to anak2 SMK altie ! yg siap2 taw lg bikin projek werk nya !, DO the Best ! keyz,remember jngan bngung kebawa kondisi tp hadapi, klo kalian mw kalian pZt bisa keyz
    CHAYO !
    Wass . . .


  10. alhamdulillah ternyata altie yang tercinta ini dah punya website tapi kalo bisa mah afwaaaaaan jidan dan dibuat semenarik mungkin dan semoga altie semakin maju,,,,amieeeen…………


  11. tak pernah terpikir olehku jika dalam hidupku ini akan pernah hidup di pondok pesantren,padahal jauh anganku ingin masuk skul lain,tapi alhamdulillah justru jalan hdup ini yang paling ku syukuri, di altieku ini buuuanyyak sekali ku temukan pengalaman berharga, dan ku syukuri menjadi orang yang alloh swt ridhoi tuk dapatkan pelajaran agama karena sesungguhnya orang yang beruntung dalam hidupnya adalah orang yang dikaruniai ilmu agama,thanks altie,pak kyai beserta keluarga,asatidz/dzah,juga all fren di gempa,galaxi n the last samurai anak2 filsafat n saodara di altie.
    maju terus altieku!!!!!!!!!!!!!


  12. asslm..
    semoga altie selalu be better than before..
    buat ustadz2 n ustadzah nun tercinta di altie do’akan nun biar PKLnya lancar ya..
    khususnya buat ustadz adi, ustadz ali, ustadz deli n ustadz apep..
    spirit tuk membimbing nak smk yang gi pkl yupz.. n ga lupa buat pembimbing nun tersayang Mr Anton..spirtuZz..waSz


  13. Aku sedang kasmaran nich…. sama ……..


  14. Al-ittihad Be the Best mudan2an selalu berkah amien


  15. assaLamua’Laikum…!

    aL-ITTIHad is The Best Lah…! KerenD aBies.
    aL-Tie Ngazarin QTa Tentang Banyak Hal yang ga Mungkin pernah QTa temuin Di Luar sana. Banyak Hal yang Bisa QTa Banggain SekoLah Di-aLti. SekoLah yang ga cuman ngasih indahnya nikmat hidup di dunia, Tapi Juga iLmu yang bakalan bermanfa’at buat bekel kita ngadepin kematian suatu saat nanti.(Ngeri…). Tapi iTu reaLita. Toh QTa semua Bakalan Mati juga Kan?. Ga akan nyesel kalo QTa nimba ilmu di aL-Tie DeH..! Dijamin! TrusT Me..


  16. Assalam……….hai ni nak altie.
    Altie mrpkan suatu skolah yg mndorong Qt utk maju dan tmpt utk merbah Qt dri yang sifat jelek ke sifat ynag bek, pokok’y altie is the best deh!!!!!!!!!!

    Dimanapun Aq brda ttapi hatiku tetap di Altie!!!!
    Wassalam


  17. Assalamu’alaikum…….Altie
    Aku ga da comment bwt altie pokok’y altie is the best deh…..
    Altie pondokku majulah……..
    biar ada yg menghalangi tetapi tetap maju terus Ok!!!
    Aku bngga dngn altie…..yeah…..
    walaikumssalam……………..!!!!!!!!!!!!!!!!


  18. assalamualaikum wr.wb.!!!
    To The Point jach…….
    Alhamdulliah setelah Sekolah di ponpes Al-Ittihad Cianjur Q buanyak sekali perubahan terutama dalam hidup Q…..
    Ilmu yang Q dapatkan tidaklah sia-sia…….
    timbalah ilmu sebuanyak mungkin terutama yang masih mengabdi di ponpes al-ittihad. jangan ada kata malas untuk mencari ilmu selama Qt masih mampu untuk melakukannya…….
    Ingat !!!!
    Penyesalan akan datang diakhir…..
    Wassalamaualaikum wr.wb


  19. aslkm ustad basyir


  20. allhmdlilah smnjk sy msntr d sni jd tmbh baik……


  21. gsugfuh


  22. Dear: B’loved altie
    You are not only inspired me but also grow up me be the the great one wherever Iam………you are the only in my heart…..I wanna say hello to Every ustad n ustadah inside always reformulate altie tube the familiar one…….


  23. yahb kok al tie website mgak mnrik bngt…….
    tad bkimn lgi donk yng lbih mnrik dri ini


  24. gue pngn liat seberapa banyak manusia altie yang msh bth skrng………

    msh bnyk pa ngak yach….. alah alah alah hait si jangar


  25. assalmu ‘alaikum……
    bnr g y pndok ni ktat pngajanx…


  26. assalamualaikum……ukhti wa akhi,,msh inget ga ma ana,,, alumni al-tie 2007 !!!
    saya ucapkan banyak trima kasih buat allah, dan altie yang begitu banyak memberikan saya pelajaran,, buat altie terus maju raih kesuksesan dan ridhonya,, innaallaha ma’ana,,kama kola SBY LANJUTKAN!!!!!!


  27. all about better life,,,,subhanallah


  28. Dan Ini ahli komputer alti ! web ny yg berwarna biar siip! Trus tiap smigu s x di update sajian tasawuf ,fiqih, tauhid apa aj deh donk.


  29. maju rurz altie, aku bang9a sekolah di altie


  30. aduccchh. . mau msaux k ponpes al_ti. kaya yg seruuu. pngn masux euuunxx. gmna xha yg dah nyobain craa nya. heeehee qu harap gxxx pda juuuuutex ych.


  31. duch klau bisa bwt blog tentang alti n pampang profil stiap angktan dri awal smpe assamawat……. n klu bisA bwt CV tentang alumnus perorangan>>.mdah@han anak smk bisa berkreasi bwt web altie ataupun blog


  32. Al_ITTIHAD I LOVE YOU…. syukron ma’had ku, terimakasih kiyai dan para asatiz…. karna berkat jasa kalian lah. kami menjadi manusia yang berilmu. buat sobat assamawat…. syukron kasiron…


  33. saya pernah sekolah di alittihad di sana banyak pengalaman yg bsa sya ambil sya kgum dgn ponpes tersebut


  34. SUBHANALLAH…..
    ana merasakan beruntung bget pernah sekolah di alti,selain pendalaman kitab kuning
    ilmu b.arab


  35. assalamualaikum saya baru masuk pesantren AL ITTIHAD , ternyata saya sangat suka, dan banyak perubahan , di masa ini??????


  36. ahai ah


  37. ustadz bsyir dah pnya ank lm nich……..


  38. makasih buat altie yang udah banyak banget ngasih pelajaran yang berharga buat masa depan dan pegangan kita khususnya para remaja untuk terus maju di zaman yang sudah mulai seperti ini.juga untuk mengingatkan kalau tujuan hidup kita di dunia apa.
    makasih altie.
    Thanks a lot for altie, without the lessons and teachings you may so far I have not understood the meaning and purpose of my life.
    and thanks also for teachers who already give their knowledge to us.
    so many things that I got in altie, especially the most valuable lesson is to appreciate and understand the meaning of friendship and companionship.
    and makes us human is useful and not blind to the teachings of religion to continue to overshadow life in this mortal world. provide valuable time. and the beauty of eternal friendship and not a fake.
    Thanks a lot altie
    الاتحاد ص هو أفضل مدرسة بالنسبة لي


  39. bagus lagi tingktkn di siplin bljr dan control dari team pembimbing gar lulus dri altie paham sglanya(khusus bid agama secara indipidu)gtu dulu dari wong C 2


  40. saya senang bisa menjadi bagian dari keluarga besar Al-Ittihad, banyak bekal yang saya dapat terutama kemandirian. tapi satu kekecewaan saya selama berada di Altie yaitu dengan keberadaan salah satu pengajar bernama Ibu YUYU, dengan semena mena dia menghukum muridnya dan khususon ke diri saya pribadi dia sangatlah sinis dan pada akhirnya di suatu hari dia memanggil saya ke kantor dia memaki maki saya seraya mrnunjuk nunjuk dan mengeluarkan kata” yang tidak pantas dikeluarkan dari eorang ustadzah, (sedikit curhat ya…)



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: